Mengenal Jurusan Ilmu Kosmetik (Cosmetic Science)

Kuliah ilmu kosmetik di luar negeri adalah salah satu cara untuk memasuki industri kecantikan global yang berkembang sangat pesat.

Akhir-akhir ini kamu pasti sering melihat konten bertema kecantikan dan perawatan diri di media sosial. Maraknya konten beauty ini - yang disajikan oleh  influencer-influencer populer seperti Tasya Farasya atau Danang Wisnu - mencerminkan perkembangan industri kecantikan di Indonesia yang pesat. Namun perkembangan ini ternyata tak hanya terjadi di negara kita lho! Menurut situs web Business Insider, industri kecantikan global telah mencapai nilai USD 532 miliar pada tahun 2019 dan diprediksi akan terus bertumbuh dengan cepat.

Jika kamu tertarik untuk memasuki industri yang prospeknya menjanjikan ini, salah satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih adalah cosmetics science / ilmu kosmetik.

 

Apa yang Dimaksud Dengan Jurusan Ilmu Kosmetik?

Menurut KBBI, kosmetik adalah produk untuk mempercantik wajah, kulit, rambut dan sebagainya. Jadi ilmu kosmetik (cosmetic science) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan pengembangan produk-produk yang meningkatkan estetika kulit, rambut, kuku, dan permukaan tubuh lainnya secara aman. Selain itu, bidang ini juga berkaitan erat dengan pemasaran dan regulasi produk kosmetik.

 

Apa yang Akan Dipelajari di Jurusan Ilmu Kosmetik?

Pada intinya, mahasiswa jurusan cosmetic science akan mempelajari berbagai konsep dan strategi yang diperlukan untuk mengolah bahan mentah menjadi produk kosmetik yang siap dipasarkan. Para mahasiswa akan mendalami aspek-aspek kimia, farmasi, fisiologi dan dermatologi yang relevan, sekaligus rangka bisnis dan aturan pemasaran kosmetik.

Selain itu, mereka akan belajar mengenai formulasi produk di tingkat lab hingga tingkat produksi skala besar. Mereka juga akan mengembangkan keterampilan kerja di laboratorium.

Dengan meningkatnya kesadaran tentang dampak industri kosmetik pada alam, kurikulum ilmu kosmetik kini membimbing para mahasiswanya untuk membahas pengembangan produk-produk baru yang lebih ramah lingkungan. Para mahasiswa juga bisa terlibat dalam berbagai penelitian untuk menemukan bahan-bahan yang lebih aman untuk manusia dan mengembangkan metode pengujian produk yang tidak melibatkan hewan atau yang biasa disebut dengan cruelty free cosmetic.

 

Siapa yang Cocok Mengambil Jurusan Ilmu Kosmetik?

Karena jurusan ilmu kosmetik mengajarkan beragam aspek industri kosmetik, maka para mahasiswa yang mengambil jurusan ini sebaiknya merupakan individu yang siap menyerap berbagai disiplin ilmu. Mereka juga wajib memiliki kreativitas yang tinggi dan bisa memperhatikan detail sekecil mungkin.

Hal lain yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan ini adalah persepsi sensori yang baik, karena persepsi ini dibutuhkan dalam memformulasikan wangi, warna dan tekstur produk kosmetik. Untuk bisa melalui masa pendidikan dengan baik, mahasiswa jurusan ini juga harus memahami manajemen waktu, keterampilan komunikasi dan pentingnya teamwork

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Kosmetik

Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan ilmu kosmetik atau cosmetic science:

  • Formulator Parfum

  • Peneliti Kosmetik / Cosmetic Researcher

  • Ahli Farmakologi

  • Konsultan Bisnis Kecantikan

  • Staf R&D Brand Kecantikan

Chat Melalui Whatsapp!

Hallo! Selamat Datang di Atlas Education. ~ “Specialist Study in Europe” sejak 2001. Persiapkan diri Anda untuk studi ke Eropa bersama Atlas Education.