Mengenal Jurusan Data Science & Prospek Kerjanya

Data science adalah salah satu bidang teknologi dengan pertumbuhan gaji terbesar. Temukan informasi jurusan kuliah data science dan prospek kerjanya.

Di era modern yang penuh dengan data, ilmu data science menjadi semakin penting. Di tahun 2021 kemarin, Statista mencatat jumlah data global mencapai 79 zettabytes. Jumlah data yang ada di dunia ini diprediksikan akan bertambah dua kali lipat di tahun 2025.

Namun, data yang berlimpah ini sia-sia jika tidak dimanfaatkan. Di sinilah peran data science, yaitu mengubah data menjadi informasi berharga bagi perusahaan dan pelaku bisnis. Didukung oleh teknologi yang semakin maju, data science semakin banyak diterapkan di seluruh dunia, dan menjadikannya ilmu yang sangat dibutuhkan saat ini. 

Apa itu Data Science?

Data Science adalah ilmu yang mempelajari cara mengolah data menjadi informasi yang berharga. Dengan menggunakan pendekatan ini, data yang ada bisa dikumpulkan, dibersihkan, dan dianalisis untuk menemukan pola dan tren tersembunyi. Hasil analisis kemudian divisualisasikan dan disimpulkan untuk menjawab pertanyaan seperti apa yang terjadi, mengapa terjadi, dan apa yang bisa dilakukan.

Contohnya jika kamu punya toko e-commerce. Kamu memiliki data-data tentang siapa pembeli, barang apa yang banyak dicari, dan barang apa yang tidak banyak dicari orang. Nah, data-data itu tidak akan menjadi informasi apa-apa jika tidak diolah, dianalisis lalu dicari pola atau tren-nya. Padahal, informasi tersebut bisa sangat membantu menentukan strategi bisnis yang tepat. Nah, sudah kebayang kan pentingnya data science ini?

Data science sendiri sebenarnya merupakan kombinasi antara ilmu sains dengan sosial. Kamu akan diajarkan berbagai ilmu dan praktek terkait cara mengolah data, teknik analisis data, hingga cara menampilkan data. Namun, kamu juga akan dibekali  dengan ilmu penunjang seperti ekonomi, akuntansi, komunikasi, hingga kepustakaan supaya bisa memaknai data-data tersebut sesuai konteksnya.

Hal keren lainnya dari jurusan data science, adalah bisa diterapkan di berbagai bidang industri, mulai dari kesehatan, pendidikan, keuangan, ritel, manufaktur, energi, pemerintah, transportasi, konstruksi, hingga media dan hiburan. Ini artinya, kamu memiliki peluang besar untuk bisa bekerja di industri apapun, sesuai dengan minatmu. Bisa dibayangkan besarnya betapa cerahnya prospek kerja lulusan jurusan data science kan?

Keuntungan Kuliah di Jurusan Data Science

Lulusannya banyak dicari

Tahukah kamu, bahwa U.S Bureau Labour of Statistics menyatakan bahwa data science merupakan bidang yang paling banyak kekurangan tenaga ahli. Saat ini jumlah kebutuhan tenaga kerja di bidang data science sangat tinggi. Perkembangan Demand di dunia kerja untuk lulusan data science mencapai 36% hingga tahun 2031! Angka ini jauh lebih cepat dari rata-rata pekerjaan lainnya.

Penghasilannya besar

Tidak hanya banyak dicari di industri, lulusan jurusan data science juga berpeluang mendapat penghasilan tinggi loh! Di Amerika Serikat, rata-rata gajinya $126,200 per tahun (sekitar Rp 1,8 miliar). Bahkan, seorang fresh graduate di bidang data science yang berkarir di Amerika Serikat bisa mendapatkan gaji awal sekitar $100,000 per tahun (sekitar Rp 1,4 miliar). Nilai gaji tersebut bisa meningkat hingga mencapai lebih dari $200,000 (sekitar Rp 2,8 miliar) untuk yang berpengalaman.

Tidak cuma di Amerika Serikat, lulusan data science yang bekerja di negara lain juga memiliki standar penghasilan yang tinggi dibandingkan jenis pekerjaan lainnya.

Peluang Kerja Lulusan Data Science

Kamu tidak perlu khawatir susah mendapat kerja setelah lulus nanti. Soalnya selain banyak dicari di seluruh jenis industri, peluang kerja lulusan data science juga sangat luas loh. Berikut ini adalah beberapa profesi yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan ini, menurut Degrees and Career:

Data Scientist

Sebagai data scientist, kamu bertanggung jawab  menganalisis data mentah dan kompleks dalam jumlah besar. Kamu harus mencari pola dari data-data tersebut lalu menjadikannya sebagai informasi penting yang bisa membantu perusahaan saat harus mengambil keputusan penting. 

Machine Learning Engineer

Kalau kamu tertarik dengan software, kamu bisa mempertimbangkan karir sebagai machine learning engineer nih! Profesi ini bertugas membuat data channel sekaligus membuat berbagai software penunjang proses analisa data. Untuk menjadi seorang machine learning engineer, kamu wajib memiliki kemampuan statistika dan programming yang bagus ya!

Arsitek Aplikasi (Application Architecture)

Seperti layaknya arsitek bagunan, arsitek aplikasi juga bertanggung jawab membangun struktur. Bedanya, arsitek aplikasi fokus membangun komponen yang membuat aplikasi berjalan optimal, mulai dari tampilan interface hingga infrastruktur di dalamnya. Mereka juga bertugas memantau perilaku pengguna aplikasi ketika menggunakan aplikasi buatan mereka.

Arsitek Data (Data Architecture)

Seorang arsitek data bertugas membuat sistem basis data baru, mengembangkan cara untuk meningkatkan kinerja dan fungsionalitas sistem yang ada, dan menyediakan akses ke administrator dan analis basis data.

Arsitek Infrastruktur (Arsitek Infrastruktur Cloud)

Pekerjaan ini bertugas memastikan semua sistem penunjang operasional bisnis bisa berjalan optimal. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab mengadaptasi perkembangan teknologi serta berbagai pembaruan sistem.

Pengembang Business Intelligence (BI)

Pengembang BI merancang dan mengembangkan metode untuk memungkinkan pengguna bisnis menemukan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Statistician

Statistician atau ahli statistik bekerja untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data untuk memungkinkan mereka mengidentifikasi trend dan hubungan yang dapat digunakan untuk menginformasikan pengambilan keputusan organisasi.

Analis Data

Analis data bertugas mengubah dan memanipulasi kumpulan data besar agar sesuai dengan analisis yang diinginkan perusahaan. Mereka juga membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Data Science?

Mahasiswa jurusan ini umumnya akan mempelajari mata kuliah yang terkait dengan matematika, statistika, teknik analisis data, pemrograman komputer, serta berbagai pemodelan prediktif, kalkulus, hingga ekonomi. Buat kamu yang penasaran tentang mata kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan ini, berikut ini adalah beberapa contoh:

  • Mata kuliah terkait data: Pengantar Ilmu Data ScienceData Mining, algoritma dan analisa data

  • Mata kuliah terkait matematika: Kalkulus 1 dan 2, Aljabar Linier, Matematika Diskrit, Peluang, Statistika

  • Mata kuliah terkait ilmu komputer: Struktur data, sistem pengoperasioan komputer, bahasa pemrograman, kecerdasan buatan (AI)

Skill yang Dilatih di Jurusan Data Science

Keterampilan Teknis:

  • Kecerdasan Buatan (AI): Cara menggunakan AI untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang lebih baik.

  • Big Data: Teknik melakukan analisis data dalam jumlah besar untuk menemukan pola dan tren.

  • Visualisasi Data: Kamu akan belajar cara menyajikan data dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

  • Manipulasi Data: Kamu akan belajar cara membersihkan dan mengubah data agar siap dianalisis.

  • Penambangan Data: Kamu akan belajar cara menemukan pola dan informasi yang tersembunyi dalam data.

  • DevOps: Kamu akan belajar cara bekerja sama dengan tim lain untuk mengembangkan dan menerapkan solusi data science.

Keterampilan Non-Teknis:

  • Berpikir Kritis: Kamu akan belajar cara menganalisis informasi dan membuat kesimpulan yang logis.

  • Interpretasi Data: Kamu akan belajar cara memahami makna di balik data.

  • Penelitian: Kamu akan belajar cara mencari dan menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah.

  • Komunikasi: Kamu akan belajar cara menyampaikan ide dan hasil temuanmu kepada orang lain.

  • Kerja Sama: Kamu akan belajar cara bekerja sama dengan tim untuk mencapai tujuan bersama.

  • Presentasi: Kamu akan belajar cara menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

  • Manajemen Proyek: Kamu akan belajar cara merencanakan, melaksanakan, dan menyelesaikan berbagai proyek pengolahan dan analisa data.

Keterampilan Matematika:

  • Algoritma: Kamu akan belajar cara menggunakan algoritma komputer yang akan membantumu menyelesaikan permasalahan terkait pengolahan data.

  • Model Machine Learning: Kamu akan belajar cara menggunakan model machine learning untuk membuat prediksi dan menemukan pola dalam data.

  • Statistik: Kamu akan belajar cara menggunakan statistik untuk menganalisis data dan membuat kesimpulan.

Keterampilan Pemrograman:

  • Bahasa Pemrograman: Kamu akan belajar bahasa pemrograman seperti C++, Python, Java, Perl, dan SQL.

  • SaaS: Kamu akan belajar cara menggunakan software-as-a-service (SaaS) untuk menyelesaikan masalah terkait pengolahan data.

Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?

Karena jurusan ini berhubungan dengan analisis data, maka para mahasiswanya sebaiknya memiliki kemampuan analisis dan berlogika yang baik, serta bisa memecahkan masalah secara mandiri. Mereka juga harus bisa bekerja dengan baik dalam tim, karena proses pengolahan data akan melibatkan banyak profesi lain. Kemampuan komunikasi akan sangat berguna di jurusan ini, karena seorang data scientist harus bisa menjelaskan hasil kerja mereka ke divisi-divisi non-teknis dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Rekomendasi Universitas untuk Kuliah Data Science

  1. Aalto University, Finland
  2. Luiss University, Italy
  3. Università Cattolica, Italy
  4. Utrecht University, Netherlands
  5. University of Twente, Netherlands
  6. Breda Univeristy, Netherlands
  7. Burgundy School of Business, France
  8. Constructor University, Germany

 

Chat Melalui Whatsapp!

Hallo! Selamat Datang di Atlas Education. ~ “Specialist Study in Europe” sejak 2001. Persiapkan diri Anda untuk studi ke Eropa bersama Atlas Education.