Lulus Kuliah di Eropa Apakah Bisa Langsung Mendapatkan Pekerjaan?

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk mengejar pendidikan dan karier di luar negeri, khususnya di benua Eropa. Tidak hanya terkenal memiliki universitas-universitas terbaik, Eropa juga dikenal sebagai negara yang memberikan jenjang karier yang baik kepada para pekerjanya.

Namun, tidak sedikit dari remaja Indonesia, yang pasti khawatir lantaran takut tidak bisa mencukupi living cost, akomodasi, dan keperluan mereka selama di sana. Belum lagi, karena merupakan pelajar asing, banyak dari pelajar Indonesia yang ragu apakah bisa melanjutkan karier di negara Eropa usai kuliah. 
 
Kira-kira bisa enggak ya mendapatkan pekerjaan di Eropa setelah lulus kuliah? Simak artikel berikut ini..

Kenapa Harus Bekerja di Eropa?

Sebenarnya, kalian bisa lho melanjutkan karier di negara-negara Benua Eropa usai lulus kuliah. Hampir semua negara yang ada di Eropa itu memberikan kesempatan pada pelajar asing untuk bekerja di negara tersebut.

 Jadi, kalian tentunya bisa melanjutkan karier kalian di sana tergantung pilihan beasiswa yang kalian tuju.
 
Bagi Sobat yang bimbang akan UMR yang rendah lantaran kalian mahasiswa internasional, kalian tidak perlu khawatir! Dilansir dari Eurostat Europe, rata-rata UMR di Eropa tidak sedikit. Berikut daftar rata-rata UMR di Eropa per awal tahun 2023:

  • Luxembourg : €2257 (Rp.35,0 juta)
  • Irlandia         : €1775 (Rp.27,5 juta)
  • Belanda        : €1725 (Rp. 26,7 juta)
  • Belgia           : €1658 (Rp.25,7 juta)
  • Jerman         : €1621 (Rp.25,1 juta)
  • Prancis         : €1603 (Rp.24,8 juta)

Tentunya, Sobat juga tidak perlu mempertanyakan work-life balance di Eropa karena berdasarkan data dari OECD Better Life Index.  Banyak negara di Eropa memiliki work-life balance yang baik di dunia, seperti Denmark, Italia, dan Norwegia.
 
Negara-negara seperti Belgia, Austria, dan Islandia juga mulai menerapkan sistem empat hari bekerja. Selain bisa membantu peningkatan produktivitas, negara-negara Eropa mulai menerapkan prinsip tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya.
 
Selain mendapatkan gaji per minggunya, berbagai perusahaan di Eropa juga memfasilitasi para karyawannya dengan berbagai hal, seperti kupon makanan di sejumlah restoran, biaya akomodasi, serta tunjangan kesehatan.
 

Chat Melalui Whatsapp!

Hallo! Selamat Datang di Atlas Education. ~ “Specialist Study in Europe” sejak 2001. Persiapkan diri Anda untuk studi ke Eropa bersama Atlas Education.